Home » » Baleendah Memang Endah

Baleendah Memang Endah

Baleendah, lihat dari namanya aja udah terbangun persepsi jika kita Orang Sunda atau bisa berbahasa Sunda. ada kata Endah yan artinya adalah Indah yang tentu saja sesuai dengan tempatnya. Akan tetapi Kalau orang dengar Kata Baleendah pasti orang langsung berpresepsi "Banjir". 

Kalau kita telusuri Banjir itu hanya di Pinggiran Sungai Citarum yaitu di Kampung Cieunteng dan Andir, tapi seolah-olah Banjir menjadi trademark yang khusus untuk mengambarkan dan mewakili Baleendah ini. 

Kalau dilihat dari tinjauan sejarah, Baleendah merupakan satu tempat yang telah orientasikan sebagai Ibukota Kabupaten Bandung. kemungkinan Gara-gara banjir tersebut, Orientasi indah tersebut tidak seindah nama Baleendah dan Ibukota pun pindah ke tempat yang relatif aman yaitu Soreang. 

Namun, apakah hanya banjir saja yang bisa menjadi kenangan ketika kita menyebutkan nama Baleendah? Tentu tidak dan jangan seperti itu. Tidak adil rasanya, jika hanya melihat satu tempat dari satu sisi saja. Sebetulnya, ada banyak yang dapat dilihat ketika melewati Baleendah.

Baleendah sendiri merupakan kecamatan di Kabupaten Bandung, yang berbatasan dengan Kec. Ciparay di timur, Kec. Bojong soang di Utara, Kec. Pameungpeuk di barat dan Kec. Arjasari dan Banjaran di selatan. Terdapat 4 kelurahan (Jelekong, Manggahang, Baleendah dan Andir) serta 7 desa (Bojongmanggu, Langonsari, Sukasari, Malakasari, Bojongmalaka, Rancamulya dan Rancamanyar). 

Jika kita kebetulan melewati atau sengaja jalan-jalan ke Baleendah tentu saja kita bisa melihat perkembangan Baleendah begitu Pesat. Tengok saja Jalan dari Bojongsoang menuju Ciparay - Jelekong sudah di Beton dan Besar, pada saat kita sampai pada Pertigaan Arah ke Ciparay dan Arah RS Al-Ihsan Baleendah sudah berdiri Ruko-ruko dan menjadi salah satu Pusat Perdagangan yang Ramai.

Sebelum itu juga kita bisa melihat Perumahan-Perumahan baru dan Pasar Baleendah. Selain itu juga kita bisa lihat beberapa tempat yang tidak kalah Bagus dari tempat lain yang pasti menarik untuk dikunjungi.

Seperti Curug Cangkring yang berada di kampung cilayung kelurahan Jelekong Kecamatan Baleendah ini cukup menarik karena jika kita memandang
 ke arah utara, tepat dimana kota Bandung berada. Nampak terlihat kelokan Ci tarum, seolah saya sedang berdiri di atas bukit batas danau Bandung sebelah selatan. Ada juga Situ Sipatahunan, Taman Batu (Pasir Paros), Monumen Tugu Perjuangan 45 yang ditempat ini kalau hari minggu menjadi Pusat Pasar Gebrakan seperti Gasibu.

Jadi sekarang kita bisa sedikit tahu tentang Baleendah, mudah-mudahan Persepsi tentang Baleendah ini berubah. 

Sekarang ini Baleendah juga mulai dilirik para Investor di bidang Properti karena selain infrastruktur di sini mulai ada perhatian dari pemerintah sehingga jalan-jalan akses menuju Baleendah sudah ada perbaikan. Terlebih di Baleendah terdapat Pusat Pendidikan, Rumah Sakit dan Kantor-kantor Pemerintahan.

0 komentar:

Visitor